Minggu, 08 Januari 2012

RANGKUMA ISD BAB 7

·        



BAB VII

1. MASYARAKAT PERKOTAAN
Masyarakat perkotaan adalah sekelompok orang yang menetap atau tinggal di daerah kota .
contoh masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang tinggal di kota kota besar dan biasanya masyaraka kota mempunyai sifat sifat individualisme .

CONTOH ARTIKEL :
MASYARAKAT PERKOTAAN
Pengertian masyarakat kota lebih ditekankan pada sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan. Ada beberap ciri yang menonjol pada masyarakat kota yaitu :
1.    Kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa
2.    Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Yang penting disini adalah manusia perorangan atau individu
3.    Pembagian kerja di antara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata
4.    Kemungkinan-kemungkinan  untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa
5.    Interaksi yang terjal lebih banyak terjadi berdasarkan pada faktor kepentingan daripada faktor pribadi
6.    Pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu
7.    Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.

Ringkasannya masyarakat perkotaan adalah masyrakat kehidupan dan sifatnya memiliki suatu ke unikan sendiri dari masyarakt desa, karena masyarakat kota kebanyakan memiliki sifatindividualisme.

2.HUBUNGAN DESA DAN KOTA
Hubungan desa dan kota tidak bisa di pisahkan karena desa dan kota memiliki kepentingan yang sama . dan desa dan kota saling membutuhkan satu dan sama lain.
CONTOHNYA :
Pada saat musim tanam mereka, sibuk bekerja di sawah. Bila pekerjaan di bidang pertanian mulai menyurut, sementara menunggu masa panen mereka merantau ke kota terdekat untuk melakukan pekerjaan apa saja yang tersedia.

Sebaliknya, kota menghasilkan barang-barang yang juga diperlukan oleh orang desa seperti bahan-bahan pakaian, alat dan obat-obatan pembasmi hama pertanian, minyak tanah, obat-obatan untuk memelihara kesehatan dan alat transportasi. 



1 komentar: