Sabtu, 05 November 2011

BAB 6

BAB VI

1. PELAPISAN SOSIAL
 
Pengertian pelapisan social menurut
 pitirim A. Sorokin, pelapisan sosial adalah perbedaan penduduk atau masyarakat dalam kelas yang tersusun secara bertingkat(hierarcis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial. P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.

Contoh di masyarakat adalah gaya hidup di sekitar kita yang berbeda beda ada yang hidup dengan gaya hidup mewah dan sederhana.
Dan gaya hidup tersebut harus di latarbelakangi status atau penghasilan yang seimbang dengan pengeluarannya.

Artikel yang berhubungan dengan pelapisan social adalah
Contoh artkel kehidupan bermasyarakat golongan atas dan golongan bawah yang hidup berdampingan dan membutuhkan satu sama lain.

Jadi lebih simplenya pelapisan social adalah perbedaan penduduk atau masyarakat dalam kelas yang tersusun secara bertingkat . dan di lakukan oleh masyarakat dengan gaya hidup yang berbeda beda tergantung status yang dia miliki.

KOMENTAR SAYA : kita harus menjalani gaya hidup dengan apa adanya jangan ada yang di paksakan.

2.KESAMAAN DERAJAT


Sifat dan perhubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umunya adalah timbal balik artinya seorang itu sebagai masyarakat mempunyai hak dan kewajiban baik terhardap pemerintah dan Negara.
Contohnya adalah setiap warga Negara berhak mendapatkan kemerdekaannya dan setiap warga Negara berhak mengeluarkan pendapatnya masing masing .

Ringkasannya semua warga Negara berhak mendapatkan kemerdekaan dan bebas mengeluarkan pendapatnya masing masing.

komentarnya:  bila kita lihat dalam kenyataannya semua itu berjalan tidak sejalan karena pemerintah yang sekarng lebih mementingkan kehidupannya sendiri tanpa memikirkan kehidupan warganya sendiri.

3. ELITE DAN MASA


Elite adalah sekolompok orang yang menempati kedudukan yang terkemuka didalam bidang tertentu.

Masa adalah suatu pengelompokan dari kelompok lain yang elmenter dan spontan masa juga bias di sebut sebagai gambaran kosong dari masyrakat.

Contoh elite dan masa di masyarakat adlaah suatu elite politik,ekonom,agama , pendidikan. Peranan elite di masyarakat adalah memajukan moral dan soladaritas kehidupan .
CONTOH ARTIKELNYA ADALAH ARTIKEL TENTANG GURITA CIKEAS.

RINGKASNYA ELITE DAN MASA ADALAH sekelompok atau pengelompokan yang mempunyai pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat.

komentar : kebanyakan jaman sekarang dalam elite selalu sering memanfaatkan kebodohan dan kebaikan masyarakat itu sendiri.

4. PEMBAGIAN PENDAPAT

Pembagaian pendapat ialah pembagian pendapatan yang di terima dan di bagi dengan cara yang benar.
Contohnya : bila kita s
ewa tanah bagian dari pendapatan nasionalyang diterima oleh pemilik tanah,karena telah menyewakan tanahnya pada penggarap
ARTIKEL TENTANG PEMBAGIAN PENDAPAT .
Intinya pendapatan yang kita terima harus di bagi secara merata.
komentar : jangan suka tidak membayar sewa karena pendapatan kita sebagaian adalah punya seorang penggarap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar